KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI BANDA PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI NGIFI- LARIANGI LIYA, PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

Sabtu, 12 Maret 2011

MAKAM LAKINA AJABANAR HAL WALIU





OLEH : ALI HABIU


Makam keramat seorang wali allah yang terdapat di antara Mandati Tonga dengan Desa Lagiampa bernama Lakina Ajabanar Hal Waliu adalah merupakan makam yang sebagian orang-orang asal Mandati mempercayainya bisa membawa berkah tersendiri. Oleh karena itu Makam ini dibetulkan kembali oleh Wakil Bupati Wakatobi yakni saudara Hendiarto mengingat beberapa waktu lalu ketika poros jalan wanci-air port Matahora dibuka di dekatnya pernah batu hitam ini digusur oleh Bull Dozer namun sedikitpun batu hitam ini tak bergeming atau goyang dari tempatnya. Makam Lakina Ajabanar Hal Waliu ditandai oleh sebuah batu karang hitam yang di atasnya ditumbuhi oleh pohon bunga cempaka dan akibat dari kejadian itu Hendiarto membetulkan makam ini dengan membuat dinding dibagian kepalanya dan diberi nama wali tersebut.



Konon kabarnya Lakina Ajabar Hal Waliu adalah berasal dari Batauga sekitar abad XVII lalu dimana dia sebagai Raja disana namun karena kekuasaannya sangat kejam dengan rakyatnya dan telah banyak yang dihukum penggal maka dia diasingkan oleh Sara Batauga ke kepulauan Wangi-Wangi. Setelah dia tiba di kepulauan ini diapun mencari tempat aman dan tenang dan dipilihnya daerah padangkuku ini sebagai tempat huniannya. 




Semasa dia mengasingkan diri di tempat ini, dia sering berkunjung ke Keraton Liya yang mana pada saat itu yang menjadi Raja Liya adalah La Ode Ali anak kandung dari Sultan Langkariri atau Sultan ke XIX buton dan dia merupakan kerabat dekat raja Liya ini****