KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI BANDA PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI NGIFI- LARIANGI LIYA, PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

Jumat, 16 Maret 2012

JUMLAH TAMBURU (GENDANG) DALAM KEDUDUKAN SARA LIYA

 Oleh : Ali Habiu






Dalam pembagian 13 buah jumlah Tamburu atau Gendang yang dipakai oleh para Sara dalam lingkup pemerintahan Raja Liya atau Lakina Liya secara umum dapat dibagi menjadi :
  • Togo Ewulaa dan Togo Seru= 1 buah Tamburu
  • Togo Timi dan Togo Wotea= 1 buah  Tamburu
  • Togo Bisitio dan Togo Kareke= 1 buah  Tamburu
  • Togo Woru =  1 buah Tamburu
  • Meantuu Solodadhu=  5 buah Tamburu
  • Kontabitara=  3 buah   Tamburu
  • Meantuu Agama= 1 buah  Tamburu
Kemudian Sara Adat terdiri dari 9 orang dari masing-masing wilayah Togo yang terdiri dari :
  • Togo Ewulaa dan Togo Seru= 9 orang pemuka adat
  • Togo Timi dan Togo Wotea= 9 orang pemuka adat
  • Togo Bisitio dan Kareke= 9 orang pemuka adat
  • Togo Woru= 9  orang pemuka adat
Sara Adat tersebut sangat erat hubungannya dengan Meantuu Agama yang terdiri dari :
  • Khatibi
  • Imam
  • Modhi
  • Tamburu
  • Mokimu yang terdiri dari Mokimu Woru, Mokimu Wawo dan Mokimu Kareke
 Sedangkan kedudukan masing-masing Sara terdiri dari :
  • Meantuu Solodadhu sebagai Panglima Perang dan yang mengatur Tamburu dimana ada acara ada. Meantuu Solodadhu mempunyai pasukan tombak sebanyak 40 orang dengan jumlah Tamburu yang mengawal pasukan sebanyak 5 buah Tamburu satu diantaranya Tamburu utama warna hitam yang memiliki daya megik atau daya ghaibmengingat Tamburu ini memiliki simbol-simbol bunyi apabila akan ada malapetaka, musibah, wabah penyakit atau serangan musuh. Berdasarkan simbol-simbol ini Meantuu Solodadhu melapor kepada Lakina Liya untuk mendengarkan perintah lebih lanjut.
  • Meantuu Nunu yang mengatur bagian-bagian kesejahteraan tanaman rakyat termasuk pengamanannya
  • Meantuu Tiworo yang mengatur pembagian dari masing-masing hasil produkasi tanaman termasuk pengamanannya
  • Meantuu Sampalu juga mengatur bagian-bagian tanaman termasuk pengamanannya
  • Meantuu Salah Mawi juga mengatur pembagian tanaman termasuk pengamanannya
  • Meantuu Sabandara mengatur pembagian hasil-hasil yang diperoleh dari laut termasuk pengamanannya
  • Meantuu Fapuru juga mengatur pembagian tanaman dan pengamannya
  • Meantuu Agama yang mengatur tentang syareat islam 
  • Meantuu Tonga-Tonga mengatur pertanian
  • Bonto Wawo
  • Bonto Woru
Yang mengatur tentang kedudukan para Sara dalam acara adat terdiri dari :
  • Bonto Wawu
  • Bonto Woru
Adapun pesanan Tamburu sejumlah 13 buah pada acara adat tergantung siapa yang memesang dan apa kedudukannya atau derajatnya yang terdiri dari acara adat sebagai berikut
  • Sombooa
  • Karia'a
  • Tekawi'a
  • Temate'a
Sedangkan jumlahnya uang yang menjadi sumbangan kepada Sara tidak ditentukan besarnya tergantung dari kemampuan dari masing-masing pemesan****

Kamis, 15 Maret 2012

DALAM MEMAJUKAN KEBUDAYAAN BANGSA KITA KEHILANGAN HALUAN

Oleh : NUNUS SUPARDI (*)


Pengantar
Dalam makalah seminar budaya "Evaluasi dan Strategi Kebudayaan" yang diselenggarakan oleh Fakultas Sastra Universitas Indonesia tahun 1987, Prof. Dr. Nazaruddin Sjamsuddin (Dosen UI) mengulas peran tiga kalimat penjelasan pasal 32 UUD 1945. Menurut Nazaruddin, dengan adanya ketiga kalimat penjelasan itu bangsa Indonesia "mampu melepaskan diri dari rasa curiga terhadap kebudayaan suku-suku. Kebudayaan suku-suku bangsa tidak perlu dipandang sebagai ancaman terhadap kebudayaan nasional; kebudayaan daerah atau suku bukanlah ancaman, melainkan pembentuk kebudayaan nasional. "
Dari kutipan di atas amat jelas, betapa besar peran tiga kalimat itu dalam mencegah ketidakjelasan dalam menata hubungan bersama dan dalam menyamakan pemahaman tentang kebudayaan bangsa. Tetapi ketiga kalimat itu kini secara konstitusional tidak tampil lagi sebagai penjelas makna pasal 32 tersebut. Pasal 32 yang semula hanya satu ayat setelah diamandemen berubah menjadi 2 ayat. Tiga kalimat itu dihilangkan, dan tidak satu pun kata atau kalimat dari tiga kalimat penjelasan itu yang diangkat ke dalam dua ayat yang baru.
Peran 3 Kalimat Penjelasan
Dapat dipastikan, ketika para pendiri bangsa memasukkan kebudayaan ke dalam batang tubuh UUD 1945, pembahasan berlangsung dalam suasana seru, baik tentang urgensinya, rumusannya maupun penempatannya dalam pasal, serta rumusan kalimat penjelasan. Dalam hal penempatan dalam pasal saja, kebudayaan harus pindah 3 kali. Dari semula berada pada pasal 34 bergeser ke pasal 33, dan akhirnya bergeser lagi menjadi pasal 32 berdampingan dengan pasal 31 tentang pendidikan.
Rumusan kalimatnya amat singkat, yaitu: "Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia." Menyadari betapa singkatnya kalimat pasal 32, para pendiri bangsa melengkapinya dengan tiga kalimat sebagai penjelasan. Dengan adanya penjelasan itu berbagai pertanyaan mendasar dapat terjawab. Pertanyaan mendasar itu antara lain sebagai berikut:
  1. Setelah lahir yang disebut kebudayaan nasional Indonesia, bagaimana posisi kebudayaan daerah atau kebudayaan suku bangsa? Hilang atau lebur ke dalam kebudayaan nasional. Pertanyaan seperti selalu dan akan muncul pada setiap pergantian generasi.
  2. Setelah lahir kebudayaan Indonesia baru, bagaimana posisi kebudayaan lama dan asli? Masih tetap ada sebagai dasar atau bagian kebudayaan bangsa atau dihapuskan? Seperti kita ketahui pada masa Pujangga Baru terjadi polemik kebudayaan hebat tentang hal itu.
  3. Ke mana arah yang akan dituju dalam memajukan kebudayaan bangsa? Sebagai bangsa yang baru lahir jawaban atas pertanyaan itu penting agar bangsa itu tidak salah langkah.
  4. Bagaimana bangsa ini menyikapi masuknya pengaruh kebudayaan asing, menolak atau menerima, atau menyaring? Jawaban itu penting, karena sebagai bangsa baru mustahil akan menghindarkan diri dari pertemuan antarbangsa dan antarbudaya bangsa.
  5. Apa kriteria atau ukuran yang dapar dipakai untuk melakukan penerimaan atau penolakan, atau penyaringan pengaruh budaya asing itu?
Jawaban atas pertanyaan pertama terdapat pada kalimat yang berbunyi: "Kebudayaan bangsa ialah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia seluruhnya." Dari keseluruhan kalimat itu dapat ditangkap secara jelas maknanya. Kalimat itu mengandung makna pengakuan bahwa seluruh budaya suku bangsa (daerah) di seluruh Indonesia, pada hakikatnya adalah kebudayaan bangsa atau kebudayaan nasional Indonesia. Dengan pengakuan ini mencerminkan arti bahwa dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, kita tidak mengenal istilah budaya 'mayoritas' dan 'minoritas', 'maju' atau 'terbelakang', 'tinggi' atau 'rendah.' Seluruh budaya suku bangsa dalam posisi sama, setara, dan dari pengakuan seperti itu akan tercipta iklim kehidupan saling menghargai dan saling menghormati.
Jawaban atas pertanyaan kedua, mengenai bagaimana posisi kebudayaan lama dan asli, ada pada kalimat kedua, yang berbunyi: "Kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagai puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh Indonesia terhitung sebagai kebudayaan bangsa." Kalimat ini menjadi jawaban atas polemik hebat yang terjadi ketika memperbincangkan mengenai bagaimana membangun kebudayaan bangsa Indonesia baru. Menurut pandangan Sutan Takdir Alisjahbana apabila bangsa baru itu ingin menjadi bangsa yang maju dan modern, tinggalkan kebudayaan lama dan ambil kebudayaan yang bersumber dari kebudayaan Barat. Di lain pihak Sanoesi Pane, Armijn Pane berpendapat tidak mungkin kita menghilangkan kebudayaan lama (Timur). Dengan adanya kalimat penjelasan itu dapat diartikan bahwa dalam memajukan kebudayaan bangsa tidak bisa dengan serta merta meninggalkan kebudayaan yang lama dan asli, karena kehidupan kebudayaan suatu bangsa pada hakikatnya adalah lanjutan dari kebudayaan sebelumnya.
Jawaban pertanyaan ketiga, ke mana arah yang akan dituju dalam memajukan kebudayaan terdapat pada frasa yang berbunyi: "Usaha kebudayaan harus menuju ke arah kemajuan adab, budaya dan persatuan…" Amat jelas, ke mana arah yang harus dituju dalam memajukan peradaban bangsa Indonesia di tengah-tengah peradaban dunia, dan ke mana arah memajukan persatuan bangsa yang multietnik dan multikultur.
Jawaban atas pertanyaan bagaimana kita menyikapi hubungan kebudayaan bangsa dengan kebudayaan asing ada pada potongan kalimat: "….dengan tidak menolak bahan-bahan baru dari kebudayaan asing....." Frasa ini menjadi amat penting sebagai acuan ketika bangsa Indonesia sebagai bangsa baru masuk dalam pergaulan antarnegara dan antarbangsa. Dalam era globalisme seperti sekarang ini, frasa ini patut menjadi acuan agar kehidupan bangsa Indonesia tidak terjebak menjadi bangsa yang kehilangan jati diri.
Lalu, apa kriteria atau ukuran untuk menerima atau menolak pengaruh budaya asing itu? Jawabannya ada pada frasa "…yang dapat memperkembangkan dan memperkaya kebudayaan sendiri…." Apabila pengaruh tidak memberi manfaat meperkembangkan dan memperkaya kebudayaan bangsa harus ditolak kehadirannya. Bahkan kriteria itu masih diperjelas dengan dengan rambu-rambu: "yang dapat mempertinggi derajat kemanusiaan bangsa Indonesia".
Dari uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa melalui tiga kalimat itu para pendiri bangsa telah menyiapkan konsep, kebijakan, strategi dan tujuan di bidang kebudayaan. Dikatakan mengandung konsep karena tiga kalimat itu berisi gagasan tentang apa itu kebudayaan Indonesia. Pengakuan bahwa kebudayaan suku bangsa di seluruh Indonesia adalah kebudayaan bangsa merupakan konsep yang dinilai tepat untuk sebuah bangsa baru yang multietnik dan multikultur. Konsep itu selanjutnya dituangkan dalam semboyan yang sangat tepat, yaitu "Bhinneka Tunggal Ika."
Tiga kalimat itu dikatakan mengandung kebijakan karena di dalam tiga kalimat itu terkandung garis besar haluan dalam memelihara (preservation) dan mengembangkan (progression) kebudayaan bangsa. Dua kebijakan yang sesungguhnya arahnya berlawanan, tetapi keduanya disatukan lagi dalam tujuan, yaitu "menuju ke arah kemajuan adab, budaya, dan perstauan". Selanjutnya dikatakan mengandung strategi karena di dalam tiga kalimat itu terkandung perencanaan dasar memajukan kebudayaan bangsa. Di samping dilakukan upaya memelihara dan mengembangkan kebudayaan, strategi yang perlu dipilih adalah "dengan tidak menolak bahan-bahan baru dari kebudayaan asing." Dikatakan mengandung tujuan karena di dalam tiga kalimat itu terkandung juga ke mana arah pemajuan kebudayaan bangsa. Karena lengkap dan jelasnya tiga kalimat itu maka tidak salah juga bila dikatakan merupakan garis-garis besar haluan dalam membangun persatuan bangsa dan memajukan kebudayaan bangsa yang amat jelas dan dengan demikian mudah untuk dioperasionalisasikan.
Sebagai bangsa yang lahir setelah adanya kesepakatan (konsensus) seluruh suku bangsa untuk menjadi satu bangsa baru, bangsa Indonesia, garis haluan itu amat penting untuk menata hubungan antarsuku dan antarbudaya.. Kesepakatan yang lahir di tengah-tengah kehidupan bangsa yang multietnik dan multikultur (hampir 500 suku bangsa), daya tahan kelangsungannya akan berbeda dengan bangsa yang hanya terdiri atas beberapa suku bangsa. Keutuhan bangsa amat rentan, dan oleh sebab itu solidaritas dan keharmonisan hubungan antarsuku dan antarbudaya harus diasuh secara serius dan dengan konsep yang jelas dan diterima oleh semua pihak. Mengenai pentingnya membangun solidaritas dan keharmonisan hubungan itu, Bung Karno sering mengulang padangan Ernest Renan, seorang profesor sejarah dan ilmu kebangsaan Perancis.
Menurut Renan, yang dimaksud dengan bangsa adalah "satu solidaritas besar, solidaritas besar tiap-tiap hari." . Tetapi oleh Bung Karno tumbuhnya solidaritas lebih dipersingkat lagi. Menurut Bung Karno agar bangsa Indonesia benar-benar menjadi satu, solidaritas itu tidak hanya tumbuh tiap-tiap hari, tetapi tiap-tiap jam, dan bahkan tiap-tiap menit. Jangan sampai terjadi rasa itu solider hanya untuk beberapa waktu saja atau hanya buat menghadapi bahaya saja. 

Berubah Menjadi 2 Ayat
Setelah diamandemen pasal 32 berubah menjadi 2 ayat dan tanpa ada tambahan penjelasan lagi. Pada ayat (1) bunyi kalimatnya menjadi panjang: "Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kekebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya." Jika ayat (1) ini dirinci, ada 3 potongan makna yang terkandung di dalamnya. Pertama, "Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia….". Potongan kalimat ini adalah kalimat pasal 32 lama, hanya kata 'Pemerintah' diganti dengan 'Negara'. Potongan kalimat kedua berbunyi:"…di tengah peradaban dunia…", mungkin yang dimaksud adalah sebagai penegasan bahwa kebudayaan Indonesia adalah bagian dari kebudayaan dan perdaban dunia. Potongan kalimat ketiga, "….dengan menjamin kebebasan masyarakat untuk memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya" merupakan cerminan pemenuhan kehendak tentang perlunya kebebasan dalam mengembangkan nilai budaya masing-masing suku bangsa. Potongan kalimat kedua dan ketiga merupakan tambahan baru.
Untuk ayat (2) yang berbunyi: "Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional" merupakan kalimat pindahan dari penjelasan pasal 36 (lama) tentang Bahasa. Tanpa memindahkan kalimat itu ke pasal 32 menjadi ayat baru (ayat 2), masalah bahasa (daerah) sudah dengan sendirinya merupakan salah satu kekayaan (bagian) dari kebudayaan bangsa.
Apakah setelah pasal 32 baru berubah menjadi 2 ayat, makna pasal itu menjadi jelas atau sebaliknya? 

Hilangnya Garis Haluan
Hilangnya tiga kalimat penjelasan pasal 32 berarti hilangnya konsep, kebijakan, strategi dan tujuan yang dijadikan garis haluan dalam memajukan kebudayaan bangsa dan menata hubungan antarsuku. Sebagai satu bangsa yang multietnik dan multikultur, pertanyaan-pertanyaan 'nakal' seperti di atas dapat dipastikan akan selalu muncul pada setiap saat dan setiap generasi. Dengan adanya tiga kalimat penjelasan itu semua pertanya akan terjawab, dan itu berarti kita dapat melepaskan diri dari rasa curiga antara suku bangsa yang satu dengan yang lain. Keberadaan budaya suatu suku bangsa tidak lagi dipandang sebagai ancaman bagi suku bangsa yang lain dan juga bukan ancaman terhadap kebudayaan nasional dan sebaliknya, melainkan bersama-sama menjadi pembentuk kebudayaan nasional.
Oleh karena itu seharusnya tiga kalimat tetap dipertahankan keberadaannya selama kita masih sepakat untuk tetap dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Akankah hasil amandemen itu akan diamandemen lagi dan tiga kalimat itu dapat muncul lagi? Jika tidak, maka tiga kalaimat itu harus masuk dalam Rancangan Undang-Undang tentang Kebudayaan.
Jakarta, 6 Maret 2006 

(*) Penulis adalah Sekretaris Umum Badan Kerja Sama Kesenian Indonesia (BKKI) Pusat BERANDA

Rabu, 14 Maret 2012

KABALI MEMBANGUN KOMUNITAS ETHNIS LIYA BANYAK GOLONGAN BUKAN SATU GOLONGAN

 OLEH : ALI HABIU




Kumintas masyarakat pertama kali yang mendiami Togo Liya Dan Pulau Oroho sebelah barat pulau Wangi-Wangi diperkirakan sudah terjadi sejak Abad XI SM. Hal ini diperkuat dengan data sejarah pada lingkungan daerah yang terdekat dengan Pulau Wangi-Wangi yakni desa  Kamaru yang terletak dibagian Timur Tenggara Pulau Buton yang berjarak lebih kurang 80 mil laut dengan pulau Oroho. Di Desa Kamaru inilah mula pertama diinjakkan kaki oleh manusia tak lain adalah Permaisuri (Raja) Putri Khan dengan membawa pasukan atau prajurit sebanyak 299 orang menumpangi 7 (tujuh) buah armada kapal laut (kapal Perang). Putri Khan berasal dari perbatasan antara Mongolia dan Tibet Hoe-Hoe dataran Cina yang sengaja datang mencari pulau Buton atas perintah Rasululah Muhammad SAW yang diterima secara ghaib dengan tugas untuk melindungi semua harta-harta alam milik cucu Nabi Adam Alaihissalam yang saat itu mudah dijumpai oleh siapapun karena semua  harta milik alam tersebut muncul di atas permukaan tanah disemua dataran di pulau Buton. Permukiman pertama Raja Putri Khan ini beserta prajuritnya adalah di Gunung Ba'ana Meja Kamaru. Dalam perjalanan sejarah tak lama kemudian  setelah berkuasa dan memerintah di Kamaru para prajurit-prajurit perang yang dibawah oleh Putri Khan ini diperintah untuk menyebar kekuasaannya ke pulau-pulau sekitar Kamaru yang tak lain adalah Pulau Wangi-Wangi, pulau Kaledupa yang mana secara toritorial sangat dekan dengan Kamaru. Ketika mula pertama para prajurit Putri Khan datang ke pulau Wangi-Wangi, mereka tidak langsung berdiam di pulau Wangi-Wangi, namun secara taktik perang sudah barang tentu mereka cari lebih dahulu pulau-pulau kecul yang strategis yang terdapat disekitar pulau Wangi-Wangi.  Maka dipilihlah pulau Oroho untuk pertam kali mereka mendarat dan mendirikan permukiman disana. Perjalanan sejarahpun berkembang dan berjalan secara terus menerus, tak lama  para prajurit Putri Khan ini berkuasa di pulau Oroho maka datang pulalah orang-orang  yang sengaja menyinggahi pulau Oroho ini karena mereka telah melihat adanya pemukiman.  Mereka yang datang menyinggahi itu tak lain dari para bajak laut yang berasal dari Papua, Tobelo, Lanun, Balangingi dan Mangindanao. Maka terukirlah perkembangan manusia-manusia sakti yang secara hetogenitas kawin silang di pulau Oroho ini dan sekaligus menbentuk legitimasi kekuasaan yang berupa raja-raja (kepala adat) dipemukiman ini. (bersambung...)