KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI BANDA PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI NGIFI- LARIANGI LIYA, PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

Minggu, 01 Mei 2011

REVITALISASI KAWASAN BENTENG KERATON LIYA AKHIR APRIL 2011 SUDAH MULAI DIKERJAKAN

OLEH : ALI HABIU


Ketua Umum Lembaga KabaLi Indonesia



Baru-baru ini tepatnya pada hari Rabu, tanggal 27 April 2011Tim dari Direktorat Penataan Bangunan dan Lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum telah tiba di kepulauan Wangi-Wangi dengan menupangi pesawat jenis focker dari maskapai Express Air langsung dari Makassar setelah semalam sebelumnya mengingap di hotel sahid Makassar dari perjalanan Jakarta. Tim ini diketuai oleh IR. IFIANTARA SEPTRIMAN NASUTION,M.Eng.Sc SEBAGAI KEPALA SATUA KERJA PENGEMBANGAN PENATAAN BANGUNAN DAN LINGKUNGAN STRATEGIS DIREKTORAT PENATAAN BANGUNAN DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM ditemani oleh 5 orang staf ahli dan 3 orang konsultan perencana, 1 orang konsultan supervisi dan 2 orang Kontraktor, 4 orang staf teknik Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara serta Ketua Umum Lembaga Forum Komunikasi KabaLi-Indonesia.

Seluruh Tim beserta rombongan langsung menuju Resort Patuno untuk mengingap dan mengatur bahan-bahan untuk presentase Seminar PBL dalam mendukung Sail Wakatobi 2011 ini.
Pada hari Kamis tanggal 28 April 2011 Tim mengadakan acara Seminar di Aula Rapat kantor Bupati kabupaten Wakatobi yang di hadiri oleh para kepala SKPD atau yang mewakili dan dipimpin oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kabupaten Wakatobi. Pada hari Jumat tanggal 29 April 2011 mulai jam 11.00 WIT, Tim Konsultasn Supervisi bersama Tim Konsultan Pengawas dan Kontraktor Pelaksana Pekerjaan Revitalisasi kawasan benteng Keraton Liya mulai mengadakan investigasi dan pengukuran lapangan dimana letak lokasi pekerjaan yang akan dikerjakan seperti : 13 buah Pintu Lawa, 1 buah Baruga, 1 buah Lapangan belakang Mesjid Agung Keraton Liya, Jalan setapak Kolektor dari bahan paving blok sepanjang 600 meter melingkar mesjid Agung Keraton Liya, jalan penghubung pemandian Kohondao sepanjang 600 meter dari pahan paving blok dengan pariasi pablic  services, 1 buah Pasenggrahan Pusat Pelatihan Seni Budaya KabaLi Indonesia, dan Jalan setapak kolektor dari bahan paving blok desa Timi sepanjang 300 meter.

Jadual pelaksanaan kegiatan proyek ini hanya diberi waktu selama 90 hari kelender harus sudah selesai sekitar awal minggu pertama Agustus 2011 mendatang. Peralatan kontraktor pelaksanan di Liya sudah nampak seperti terdapat 2 buah Dump Truck, 2 buah Mesin Molen, 1 set Genset dan peralatan lain, sedangkan tenaga kerja sudah full di kontrakkan dalam sebuah rumah didusun Ewulaa Keraton Liya. Jadual ini sesuai dengan skedul Sail Wakatobi sebagaimana data ini : *)

Here is a list of some of the events and activities being planned for Sail Wakatobi 2011:

  • APKASI Seminar
  • Coral Triangle Initiative (CTI) Costal Mayors Roundtable Meeting
  • Aeromodelling Event
  • Youth Movement Beach & Sea Clean Up Events
  • Underwater Photography Competition
  • Naval Voluntary Social Event
  • 1000 Bikes Wakatobi Tour
  • Internatioanl Environmental Film Festival
  • Wakatobi Photo Exhibition
  • Sail Wakatobi-Belitong Opening Ceremony
  • Yacht Rally
  • Official Opening Ceremony for the ‘School for Marine Protected Area Management’
  • Local Arts and Cultural Festival
  • 17th August Independance Day underwater ceremony
  • Underwater Wedding
  • Watersports and Activities Competition

Beberapa pekerjaan yang akan direvitalisasi seperti gambar dibawah ini :

Baruga di Rehab Total dan Lapangan di Timbun+Pagar Batu

Lawa Dibangun 13 buah

Lingga di Pagar Besi

Yoni di Pagar Besi (model ini dirombak)


Pesan Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata kabupaten Wakatobi kepada Ketua Umum Lembaga Forum Komunikasi KabaLI Indonesia bahwa minta di sampaikan kepada seluruh masyarakat Liya khususnya yang bermukim dalam kawasan Benteng Keraton Liya untuk bersama-sama bahu-membahu secara partisipatif untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan ini sehingga waktu pelaksanaan dapat tercapai sebagaimana yang ditetapkan. Jika pekerjaan Revitalisasi Benteng Keraton Liya ini mendapat resfonsibilitas  baik dari masyarakat maka tahun 2012 akan turun lagi kegiatan lebih besar berupa  :kegiatan : perbaikan seluruh inprastruktur obyek parawisata seperti Uwe Mo'ori, Uwe Kohondao, Uwe Tamba'a, Pembungan 1 buah Pusat Informasi Kebudayaan KabaLI Indonesia, 1 buah Pembangunan Kantor sanggar KabaLi, 1 buah Pembangunan Pusat penelitian dan Pengembangan Sejarah Budaya Liya, jalan setapak kolektor dari paving block sepanjang 2.000 meter, dan fasilitas public services dengan accesorisnya.

Melalui media web blog ini dihimbau kepada siapapun yang meng-update atau meng-brouwser supaya dapat menyebarluaskan informasi ini kepada seluruh masyarakat Liya dimanapun untuk dapat diketahui sebagaimana mestinya. Selamat buat masyarakat Liya.... kini negerimu sudah mulai di jamah oleh sentuhan pembangunan dari pemerintah berkat kerja keras segenap pengurus besar Lembaga Forum Komunikasi KabaLi Indonesia. Jangan lupa marilah kita sama berdoa panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME karena atas berkah dan hidayahnya, cita-cita kita semua dapat dipenuhi selangkah ini. amin. "Selamat buat kalian semua" !? Salam perjuangan*****

Sumber :  
http://www.patunoresortwakatobi.com/Sail-Wakatobi-2011.html