KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI BANDA PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI NGIFI- LARIANGI LIYA, PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

Selasa, 21 Desember 2010

PINTU GERBANG WISATA BUDAYA AKAN SEGERA DI BANGUN DIPERBATASAN LIYA

OLEH : LA ODE SARUHU


Mulai tahun 2011 rencana akan segera dibangun Pintu Gerbang Wisata Budaya di perbatasan Liya dengan mandati tepatnya di pertemuan Desa Numana dengan Desa One Melangka Liya serta di One Baa perbatasan Liya Togo dengan One Melangka. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wakatobi bila alokasi dana APBD Wakatobi dapat menampung anggaran biaya pintu gerbang tersebut yang diperkirakan sekitar Rp.52,4 juta/buah.
Keberadaan kedua pintu gerbang ini merupakan langkah strategis dalam menentukan tapal batas hak ulayat tanah adat kedua belah pihak antara Sara Mandati dengan Sara Liya  dan Desa One kepulauan Wangi-Wangi sehingga semakin jelas batas-batas wilayahnya.
Pintu gerbang ini didesain oleh seorang konsultan yang berpengalaman di Kendari bernama Nur Ali,ST yang ahli dibidang auto cad programme yang tak lain adalah anak buah dari saudara L.M.Ali Habiu sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi KabaLi pusat. Pintu gerbang ini bermotif Kamali yang nampak pada eksisting atap bagian atas dan pada tengah pintu gerbang ini bertuliskan : :"SELAMAT DATANG..., ANDA MEMASUKI KAWASAN WISATA BUDAYA KERATON LIYA". Pada sisi kanan dan kiri pintu gerbang ini terdapat ruang penjagaan, semacam ruang piket atau loket tempat penjualan karcis atau retribusi kebudayaan bagi setiap pengunjung memasuki wilayah keraton Liya. Luar biasa indahnya bila mampu diwujudkan pembangunannya oleh pemerintah daerah kabupaten wakatobi tahun 2011 ini melalui SKPD Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Kabupaten Wakatobi. Selamat buat perjuangan KabaLi-Indonesia. ****