KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI BANDA PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI NGIFI- LARIANGI LIYA, PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

Rabu, 10 Agustus 2011

KABALI MENDUKUNG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN 12 BUAH LAWA DI BENTENG KERATON LIYA

OLEH : ALI HABIU



Lembaga Forum Komunkasi KabaLi Indonesia mendukung pelaksanaan Pembangunan 12 buah Pintu Lawa pada Benteng Keraton Liya. Keputusan ini dikeluarkan setalah terlebih dahulu berkonsultasi dengan unsur tenaga ahli PBL Direktorat Jenderal Cipta karya Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia yang dilakukan oleh Ketua Umum Lembaga ini pada hari Rabu tanggal 3 Agustus 2011 bertempat di lantai VII gedung Direktorat Penataan Bangunan dan Lingkungan Direktorat Jenderal Cipta karya serta konsultasi teknis dengan Pejabat Pembuat Komitmen Revitalisasi benteng Liya tahun 2011 di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara di kendari. Baik PPK Ir. Mahdi maupun Unsur Teknis tenaga ahli PBL sepakat bahwa pelaksanaan Pembangunan 12 buah Lawa di Benteng Keraton Liya tetap berlanjut dengan melakukan pengawasan pekerjaan secara ketat melibatkan 2 tenaga ahli perbentengan dari BPPP makassar dan kantor perwakilan BPPP Bau-bau. Dengan kesepakatan ini terhitung hari Kamis tanggal 9 Agustus 2011 surat Badan Pengurus Pusat Lembaga Forum Komunikasi KabaLi Indonesia Nomor : 53/B/P.KABALI/VII/2011, pertanggal 18 Juli 2011 perihal : Menyoal pelaksanaan Pembangunan Dinding Pintu Lawa pada Revitalisasi Benteng Liya kepulauan Wangi-wangi Kabuaten Wakatobi Sulawesi Tenggara yang antara lain isi surat tersebut menolak pelaksanaan pembangunan 13 buah Lawa dinyatakan demisioner dan tidak lagi berlaku.









Mudah-mudahan dalam pelaksanaan pembangunan revitalisasi Pintu Lawa para pekerja atau mandor dari kontraktor pelaksana benar-benar sudah bisa mengikuti semua petunjuk teknis dari tenaga ahli BPPP makassar sehingga hasil pekerjaan utamanya dinding pasangan batu penyangga pintu Lawa sesuai nilai-nilai asli arkiologis benteng Liya tidak lagi mengalami perubahan yang bisa merusak nilai-nilai situs cagar budaya.





Sehubungan dengan hal tersebut segenap Badan pengurus Lembaga Forum Komunikasi KabaLi Indonesia baik pusat maupun daerah wakatobi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas adanya kerja sama terbina baik selama ini sekaligus bantuan moral dan moril  kepada unsur-unsur pelaksana PBL baik pusat maupun daerah utamanya kepada Kepala Satuan Kerja Penataan bangunan dan Lingkungan Strategis Nasional Bapak Dudut beserta jajarannya serta Ir. Fahry Yamsul, M.Si selalu Kepala Satuan Kerja PBL Sulawesi Tenggara beserta jajarannya serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan PBL Revitalisasi Benteng Liya Tahun Anggaran 2011  yakni Bapak Ir. Markus beserta stafnya atas  kepedulian terhadap pembangunan di kawasan Benteng Keraton Liya. Tentu semua ini bisa berjalan baik atas kerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Wakatobi khususnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Kabupaten Wakatobi dan Kepala Dinas kebudayaan dan Parawisata Kabupaten Wakatobi. Semoga Tuhan YME memberkahi segala usaha dan niat yang baik dan kita semua mendapat pahala disisinya. Segala usaha dan niat baik untuk membangun peradaban masyarakat merupakan perbuatan terpuji dan bagian dari kepedulian kita semua dalam memajukan bangsa dan negara. *****