KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI BANDA PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI NGIFI- LARIANGI LIYA, PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

Rabu, 02 Maret 2016

PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA KEPARAWISATAAN DI SULAWESI TENGGARA DALAM MENYAMBUT KSPN PARIWISATA WAKATOBI DAN SEKITARNYA



Oleh : Humas Kabali Indonesia




Pada Tanggal 26 Februari 2016 Deputi Pengembangan SDM KeparIwisataan Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif telah menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Keparawisataan berthema “Pembangunan KeparIwisataan Kawasan Strategi ParIwisata Nasional Wakatobi dan Sekitarnya” yang dihadiri oleh semua Kepala Dinas Parawisata Kabupaten dan Kota se Provinsi Sulawesi Tenggara dan para Mitra mulai dari semua pelaku Media Cetak dan Media Elektronik (TVRI dan TV Swasta) serta Media On Line, para Asosiasi Pelaku Wisata, Asosiasi Hotel Indonesia, Asosiasi Gaeding, Asosiasi Kuliner, dan Lembaga yang relevan. Diperkirakan jumlah peserta seminar sebanyak 400 orang di Room Meeting Clarion Hotel Kendari.  Kegiatan seminar tersebut difasilitasi oleh Dinas Parawisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tenggara.





Mengapa perlu diadakan pendidikan dan pelatihan peningkatan SDM Kepariwisataan ? Jawabnya bahwa Pemerintah telah menetapkan bahwa Parawisata adalah kunci pembangunan kesejahteraan dan kebahagiaan.  Sesuai dengan data perbandingan PDB langsung menurut lapangan usaha secara global, pada tahun 2015, yakni : a. Travel dan Tourism secara langsung menyumbangkan 2,4 Trilium Dollar pada PDB.  b. Konstribusi PDB Global ini lebih dari dua kali lipat dibanding industry otomotif,  dan hamprr 50% lebih besar dari industri kimia global. d. Sektor travel dan Tourism berhasil setara dengan sector pendidikan dan sector perbankan secara global.



Adapun konstribusi total Travel dan Tourism terhadap PDB Indonesia tahun 2013 sebesar Rp.80,8 Juta Dollar Amerika dengan PDB 9 %. Konstribusi ini lebih tinggi dibandingkan dengan Negara ASEAN lainnya seperti Thailand, Republic of Korea, Malaisia, Singapura, Philippines, Viet nam, Myanmar, Cambodia, Lao PDR dan Brunei Darussalam. Sedangkan yang tertinggi  Tiongkok 850,1 Juta Dollar Amerika dengan PDB 9% , menyusual Japan 339, 9 Juta Dollah Amerika dengan PDB 7 % dan dan India 113,2 Juta Dolar Amerika dengan PDB 6 %.



Penerimaan Devisa Parawisata Indonesia menunjukkan kenaikan signifikan yakni  mulai tahun 2011 sebesar 8,554 Juta Dollar Amerika (JDA), tahun 2012 sejumlah 9,121 JDA, tahun 2102 sebanyak 10,054 JDA dan tahun 2014 sebesar 11,166 JDA.


Dalam upaya mendorong pariwisata sebagai leading sector pembangunan nasional untuk persiapan sumber daya manusia di 10 KSPN Parawisata  di Indonesia, maka Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Keparawisataan Kementerian Parawisata dan Ekokraf dalam 2 tahun ini mulai 2016 samai 2017 mentargetkan :
  •    Sertifikasi Kompentensi SDM Keparawisataan 35.000 di 34 Provinsi;
  •  Pelatihan Dasar SDM Keparawisataan 17.600 orang di 34 Provinsi, Prioritas 10 Destinasi Utama
  •  Pelatihan Asesor dan fasilitasi Pendirian LSP di 22 Provinsi, dan Perguruan Tinggi per wilayah (KSPN/ 10 Destinasi Utama/Destinasi Prioritas)
Destinasi Utama dan Destinasi Prioritas, meliputi :


       DETINASI UTAMA
Great Bali, Great Jakarta, Great Batam, Jiglosemar, Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat,  Medan, Lombok, Makassar, Bandung, Banyuwangi

       DESTINASI PRIORITAS
Toba, Tanjung Kelayang Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo,-Tengger-Semeru, Mandalika, Labuan bajo, Wakatobi, Morotai




Diminta kepada semua kader-kader pelaku parawisata daerah Sulawesi tenggara untuk segera berbenah diri dan melangkah maju kedepan memberikan konstribusi aktif kepada masyarakat daerah ini untuk segera membentuk kelompok-kelompok sadar wisata masing-masing lokus yang memiliki potensi wisata sekaligus memberikan pendidikan praktis dan motivasi kogniktif. Yakin daerah kita siap menyambut program pemerintah dibidang keparawisataan khususnya pada wilayah Pembangunan Keparawisataan Kawasan Strategis Nasional Wakatobi Dan Sekitarnya ****