KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI BANDA PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI NGIFI- LARIANGI LIYA, PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

Sabtu, 27 Februari 2016

PESTIVAL KEBUDAYAAN KERATON LIYA KE-3 TAHUN 2012 BERJALAN SUKSES

OLEH : HUMAS KABALI


Pestival Kebudayaan Keraton Lita ke-3 Tahun 2012 yang diselenggarakan sehari tanggal 30 Oktober 2012 berjalan lancar dan sukses. Seluruh rangkaian acara mulai kepanitiaan dan kegiatannya dilaksanakan oleh Pengurus Pusat Komunitas Mahasiswa, Pemuda Pemudi Keluarga Besar Liya (KOMPI KABALI) Kendari kerja sama dengan komponen Mahasiswa Wakatobi dan seluruh pemuda-pemudi Liya di Liya dan Pengurus Lembaga Forum Komunikasi Kabali Cabang Wakatobi, Pengurus Pusat Sanggar Seni Budaya Kabali Indonesia Liya. Kegiatan Pestival Kebudayaan Keraton Liya Tahun ini hanya disuguhkan satu jenis kegiatan yakni gelar Seni Budaya dan Atraksi Seni Budaya. Sedangkan kegiatan Pemotongan Hewan secara Tradisional dan Diskusi Kebudayaan tidak dilaksanakan tahun ini mengingat keterbatasan dana operasionalnya tidak mencukupi. 


Donatur Kegiatan Pestival kebudayaan Keraton Liya ke-3 tahun 2012 hanya diperoleh dari sumbangan Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata sebesar Rp.5.000.000 dan Kepala KPUD Wakatobi sebesar Rp.1.500.000. Keadaan minimnya keuangan ini disebabkan oleh Hugua sebagai Bupati Wakatobi sama sekali tak ada sumbangannya walaupun dia sempat janjikan via SMS yang dikirim ke hand Phone Ketua Umum Lembaga Forum Komunikasi Kabali Indonesia namun dana tersebut tidak diserahkan langsung kepada Panitia Pelaksana Kegiatan. Mudah-mudahan acara yang sama tahun 2013 dapat lebih meriah dengan menampilkan acara gelar budaya lebih lengkap jika alokasi dana kegiatan cukup tersedia melalui  sumbangnya APBD pemerintah daerah kabupaten Wakatobi dan APBD Dinas Kebudayaan dan Parawisata Provinsi Sulawesi Tenggara.


Pada acara Pestival Kebudayaan Keraton Liya ke-3 Tahun 2012 ini, seluruh pengurus pusat Lebaga Forum Komunikasi Kabali Indonesia tidak sempat menghadiri dan terjung langsung membantu kepanitiaan mengingat keterbatasan dana akibat dari semua sumber-sumber potensi dana tidak mendapat resfon karena mereka sedang mengalami kesibukan jelang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Tanggal 4 November 2012 sehingga praktis pengurus pusat sama sekali tidak memiliki dana operasional untuk turun ke Liya.


Acara Pestival Kebudayaan Keraton Liya ke-3 Tahun 2012 dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata kabupaten Wakatobi beserta seluruh jajaran esselon III dan IV pada dinas tersebut, Camat Wangi-Wangi Selatan, Kapolsek Wangi-Wangi Selatan, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Sara Liya Para Kepala Desa dalam kawasan Liya Raya dan Tim Khusus dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Ketua Cabang Lembaga Forum Komunikasi Kabali kabupaten Wakatobi dan Jajarannya dlsb.