KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI BANDA PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

KabaLi

KabaLi
FOTO FASILITASI TARI NGIFI- LARIANGI LIYA, PADA ACARA FESTIVAL BUDAYA KERATON LIYA TAHUN 2011

Kamis, 22 April 2010

BALON WAKIL BUPATI WAKATOBI PRIODE 2011-2016 YANG AKAN DIUSUNG OLEH BADAN PENDIRI PUSAT FORKOM KABALI SULAWESI TENGGARA

Oleh : Forkom KabaLi
February 18, 2010 by keratonkabali

Beberapa nama yang akan coba diusung sebagai bakal calon Wakil Bupati Wakatobi priode 2011-2016 yang berasal dari Lembaga Badan Pengurus Pusat Forum Komunikasi Keluarga Besar Liya (Forkom-KABALI) Sulawesi Tenggara yang terkoordinasi mulai dari daerah : Marauke, Maluku, Ambon, Manado, Kendari, Buton, Wakatobi, Makassar, Samarinda dan Jakarta dan telah mendapat dukungan dari Badan Pendiri Pusat Forum Komunikasi Pusat KABALI Kendari Sulawesi Tenggara sebagai wacana dalam rangka  ikut berpartisipasi secara aktif dalam turut berfikir positif dan memberikan konstribusi bagi kepentingan daerah lKabupaten WAKATOBI ima tahun kedepan yang telah melalui seleksi ketat berdasarkan kreteria yang telah ditentukan dan mendapat restu dari Badan Pendiri Pusat Forkom-KABALI Sulawesi Tenggara, adalah sebagai berikut :
  1. Drs. La Ode Ali Murni,M.Si bin Haji La Ode Misa (Lihat Bio Data). Pengalaman Organisasi : mantan Pengurus KNPI Kabupaten Muna dan mantan Kader Golkar, Pegawai Negeri Sipil terakhir menduduki jabatan sebagai Sekretaris Badan Riset  Daerah Sulawesi Tenggara.  Sebagai : Pigur Birokrasi;
  2. La Ode Mbua,S.Sos (Lihat Bio Data).  Pengalaman Organisasi : mantan Kader HMI Makassar, Kader PAN, Wiraswasta.  Sebagai : Pigur Politisi;
  3. Ir.H. La Ode Abdul Madiki, M.Si (Lihat Bio Data). Pengalaman Organisasi : mantan Kader HMI Ambon, Mantan Pengurus Kerukunan Keluarga Besar Liya Ambon, Peneliti., PNS terakhir menduduki fungsional sebagai dosen tetap Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo.  Sebagai : Pigur Akademisi
  4. Drs.H.La Ode Boa Sardiman,BC.Ku.,M.Si bin La Ode Biru (Lihat Bio Data).  Pengalaman Organisasi : Wakil Ketua II DPD Partai Golkar Kota Kendari, Pensiunan PNS terakhir pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Biro Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengara.  Sebagai : Pigur Politisi dan Birokrasi;
  5. Ir.La Ode Muhammad Ali Habiu,AMts.,M.Si (Lihat Bio Data).  Pengalaman Organisasi : Mantan Kader HMI Makassar, mantan Kader Pemuda Mesjid Makassar, mantan Kader Gorkar sebagai Ketua Fungsional Bidang Wirausaha  Sulawesi Tenggara, mantan Sekretaris Umum DPD Pelopor Penerus Kemerdekaan Bangsa Indonesia Sulawesi Tenggara, mantan Sekretaris Jenderar Pengurus Besar KKIB pusat Makassar, mantan Anggota DPP Karyawan Inti Antara Rakyat Indonesia dibidang Sosial Budaya, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Forkom KABALI Sulawesi Tenggara, Wakil Ketua Dewan Pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Sulawesi Tenggara, Ketua Bidang Profesi, Penelitian dan Pengembangan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Sulawesi Tenggara, Peneliti, PNS terakhir menduduki jabatan sebagai Kepala UPTD Wilayah III Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebagai :  Pigur Politisi dan Birokrasi. 
  6. Drs. Achmad Lamani, M.Pd (Lihat Bio Data). Pengalaman Organisasi : Mantan Kader HMI Makassar : Anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ujung Pandang, Tahun 1980,    Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum/PMP Fakultas Keguruan dan Ilmu Sosial (FKIS) IKIP Ujung Pandang,  Pengurus Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FKIS – IKIP Ujung Pandang,  Ketua Departemen Kader Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Buton (HIPMIB) Pusat Ujung Pandang, Sekretaris Badan Kontak Organisasi Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia Sulawesi Tenggara (BAKOPPMIST) Ujung Pandang, Ketua Divisi Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) ORWIL Sultra, Ketua Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia (HISPISI) Provinsi Sulawesi Tenggara. PNS mantan Wakil Kepala Dinas Dibud Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebagai : Pigur Birokrasi.

Ke- Enam pigur bakal calon Wakil Bupati WAKATOBI 2011-1016 yang akan di usung dari Badan Pendiri Pusat Forkom-KABALI Sulawesi Tenggara tersebut di atas adalah kader-kader terbaik asal negeri Liya berdomisili di Kota Kendari dan Marauke yang kini tinggal menunggu pinangan salah satu Calon Bupati Wakatobi yang akan maju dalam Pilbub 2011 mendatang dengan keyakinan bahwa bila 02 dari asal orang Liya yang dijadikan pasangan dari para kandidat calon Bupati maka Insya Allah kemenangan ada sama pihak kita semua. 
Oleh karena itu mohon doa restu semua pihak Keluarga Besar Liya dimanapun berada  semoga kelima calon tersebut diantara salah satunya ada calon Bupati yang bisa meliriknya  demi kebaikan kita bersama demi kebangkitan masyarakat Liya dimasa-masa akan datang.
Namun demikian wacana usungan ini adalah bukan semata merupakan tujuan utama Forkom KABALI sebab Visi Forkom KABALI adalah Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan Liya.  Hanya saja berhubung karena momen 2011 ini adalah bertepatan dengan berdirinya Forkom KABALI maka tak ada salahnya kita juga coba memperjuangkan anak-anak negeri Liya yang terbaik siapa tahu mendapat berkah dari Allah SWT dan para leluhur kita sehingga bisa salah satunya terpilih menjadi 02 pada pemilihan Bupati WAKATOBI 2011 mendatang. Adapun pertimbangannya adalah bahwa jika nasib memang ada berpihak sama kita semua dan salah satu dari 5 orang tersebut dapat menduduki jabatan Wakil Bupati WAKATOBI 2011-2016 mendatang, maka secara otomatis yang diuntungkan adalah masyarakat Liya sendiri karena dengan demikian kita bisa kerja sama dengan dia dalam menggarap pelestarian dan pengembangan kebudayaan Liya.

Masih banyak kader-kader asal Liya yang baik serta calon-calon asal Liya yang baik namun semuanya tidak masuk dalam kreteria yang ditetapkan oleh Badan pendiri Pusat Forkom KABALI sehingga mereka terdiskualifikasi dalam usungan Forkom KABALI pada kesempatan pertama kali ini. Oleh karena itu melalui kesempatan ini kami mohon maaf atas keadaan ini. Namun demikian bila ada calon-calon secara independen memberanikan diri secara pribadi untuk tampil mencalonkan diri baik sebagai Calon Bupati maupun sebagai calon Wakil Bupati yang berasal dari KABALI ataupun di luar KABALI baik dalam wilayah Sulawesi Tenggara maupun di luar daerah Sulawesi Tenggara, sepanjang : memiliki integritas moral, dedikasi dan leadership yang baik; loyal dan setia terhadap Masyarakat Liya; tidak ekonomikus, individualistik dan egoistis; memiliki karakter tidak ambigius; punya wawasan dan pengetahuan pemerintahan, birokrasi, pembangunan yang luas serta memiliki pengalaman organisatoris yang cukup handal,  maka kami dari Badan Pengurus Pusat Forum Komunikasi KABALI Sulawesi Tenggara akan turut mendukung sepenuhnya dan menggerakkan massa untuk memenangkan calon-calon tersebut.

Marilah kita semua Keluarga Besar Liya dimanapun berada untuk saling : Topoangkato Toponamisiako, Toposaileamaako dan Toposaasaako ako tobangune atogonto Liya.  Maimoo sabaankomiuatu toposaasa akao totadeako tetogo….barakatina Labaluluwu, peropa, Dete ke Katapi, barakatina Talo-talo, Lakueru, Lakundaru kene Moori di Kareke. Barakati Lailahaillaullah Muhammadarasulullah.